RSS

Kiat Membaca Efektif ala Damtara

06 Apr

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan,”
[Q.S Al-Alaq:1]

Membaca memang menjadi sebuah aktifitas yang amat penting. Majunya suatu bangsa berbanding lurus dengan minat baca para penduduknya, sebab dengan membaca mereka menjadi pintar dan dapat menjalankan hidup mereka dengan maksimal.

Bagaimana dengan kita?

Ya, alhamdulillah, sekarang trend membaca sudah mulai naik dengan pesat di Indonesia. Mudahnya, lihat saja jumlah pengunjung di bookfair-bookfair yang ada. Seperti Islamic Book Fair di Senayan beberapa waktu lalu. Jumlah pengunjungnya tak karu-karuan mencapai ratusan ribu, dan selalu naik setiap tahunnya. Jadi jangan menganggap Indonesia adalah negara yang tidak punya budaya membaca. Kita sedang bangkit !

Namun, seringkali ada saja hambatan-hambatan dari diri kita masing-masing untuk membaca. Terutama bagi kita yang baru memulai kebiasaan cinta buku alias rajin membaca. Masalah waktu, kesibukan, malas, mood, dan sebagainya. Kali ini saya akan sharing bagaimana membaca buku yang oke agar efektif terserap ke otak, badan bahkan jiwa! Haha sedikit lebay

1. Sadari, mengapa kita membaca? Apa tujuan membaca buku tersebut?

Akan jauh lebih baik jika kita memilah-milah bacaan kita. Tidak sekedar ambil buku, baca, dan sudah, selesai. Ketika kita tahu untuk apa kita membaca buku tersebut, kita punya tujuan, kita punya alasan, kita akan lebih mudah menangkap apa isi yang dimaksud dari buku atau bacaan tersebut.

Mudahnya, seperti orang yang bepergian, ia yang punya tujuan akan lebih memaknai perjalanannya. Rutenya pun bisa ia cari dengan jelas. Dan ia tahu hal yang harus ia kerjakan setelah sampai pada tujuannya. Berbeda dengan ia yang tidak punya tujuan, perjalanannya tidak akan lebih bermakna karena ia hanya mengikuti aliran egonya saja, tak jelas ketika sudah sampai di suatu tempat mau berbuat apa.

2. Penuh konsentrasi

In reading, a lonely quiet concert is given to our minds; all our mental faculties will be present in this symphonic exaltation.  ~Stéphane Mallarmé

Yang ini juga penting. Membaca dengan penuh konsentrasi dapat menghemat waktu kita dalam melahap bacaan. Caranya, tergantung individu masing-masing. Buat suasana membaca yang rileks agar otak kita bisa fresh menerima input-input. Baca di ruangan yang tidak terlalu ramai. Baca pada waktu-waktu tertentu, seperti pagi hari di mana pikiran kita masih segar. Dan masih banyak lagi, benar-benar tergantung individu masing-masing. Konsentasi pada bacaan memang perlu dilatih karena itu bukan suatu hal yang mutlak darisononya, tapi bisa kita latih perlahan-lahan.

3. Tulis dan amalkan !

Tulis ulang apa yang telah kita baca, tak perlu semuanya. Bisa kita tuliskan di notes kecil, atau blog kita biar bisa dibaca orang banyak (termasuk artikel ini, saya tulis setelah saya membaca Spiritual Reading karya DR. Raghib As-Sirjani, Amir Al-Madari). Ini akan membantu kita untuk mengingat apa yang telah kita baca.

To read without reflecting is like eating without digesting.  ~ Edmund Burke

Jika menulis saja sudah membuat kita lebih ingat. Apalagi mengamalkannya. Praktek, praktek, praktek. Percuma juga kalau kita membaca tapi tidak diamalkan dalam kehidupan kita. hehe

4. Mulai dari yang ringan

Ya, mulai saja dari yang ringan-ringan. Bukan ukuran bukunya saja yang kecil, tapi maksudnya konten dan bahasanya. Mulailah dari yang mudah untuk diterima oleh kita. Seperti kata ustad kondang Abdullah Gymnastiar “Mulai dari diri kita, mulai dari yang kecil, dan mulai dari sekarang!”.

Sebenarnya masih banyak lagi kiat-kiat yang lain. Tapi, menurut saya empat poin ini cukup untuk meningkatkan keefektifan dalam membaca dan melahap buku-buk.

The art of reading is in great part that of acquiring a better understanding of life from one’s encounter with it in a book.  ~André Maurois

Selamat Melahap Buku !

AFN

 
Leave a comment

Posted by on April 6, 2011 in Kehidupan

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: