RSS

Darimanakah Tulisan Berasal … ?

10 Mar

Hmm, tulisan… ? Darimana ya asalnya ?

Nah, kalau 2 minggu lalu kami pernah membahas tentang efek positif dari menulis. Sekarang saatnya kami sedikit ‘nyerempet’ (lhoo ?) ke hal- hal yang berbau sejarah, tentang asal muasalnya huruf alfabet yang kita gunakan sekarang ini…

A. CODEX HAMMURABI & BATU ROSSETA

Di pelajaran sejarah kelas X SMA kita pernah membahas mengenai hasil peradaban dari Asia- Afrika seperti contoh yang ada di atas (hayoo, catatannya dibuka- buka kembali deh, kalau lupa).  Codex Hammurabi adalah Undang- undang atau hukum tertulis di kerajaan Mesopotamia pada zaman pemerintahan Raja Hammurabi, yang berisikan peraturan- peraturan untuk mengatur kehidupan kerajaan  dan kehidupan rakyat. Sedangkan Batu Rosseta adalah batu bertulis yang ditemukan di daerah Rosseta oleh pasukan Prancis  yang dipimpin oleh Napoleon Bonaparte, dan untuk pertama kalinya dapat dibaca oleh Jean Francois Champolleon.. Wow, luar biasa ya !

Tapi, pasti muncul pertanyaan seperti ini di otak kalian, “Lho, kok ?! Padahal kan mereka berada di tahun sebelum masehi, dan berupa kerajaan- kerajaan kuno. Kok bisa ya ? Nulisnya pake huruf apaan ?”. Eits, sabar dulu. Kita bahas satu- satu yuk.

B. Piktograf

Yang tadi belum dijawab, kok sekarang muncul istilah aneh lagi ?

Ini berkaitan sekali dengan apa yang menjadi bahasan pokok kita. Piktograf. Piktograf adalah huruf berbentuk gambar. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) piktograf adalah tanda berupa gambar dl sistem tulisan kuno. Ya, memang benar . Piktograf sudah ada pada zaman peradaban di Lembah Sungai Eufrat- Tigris (Mesopotamia), Lembah Sungai Kuning/ Hwang Ho,  dan Lembah Sungai Nil. Tapi, jenis- jenis tulisan dimasing- masing wilayah berbeda. Di L.S. Eufrat – Tigris, kita mengenal adanya Cunei Form, sedangkan L.S. Nil memiliki piktograf yang disebut Hieroglif.

a. Cunei Form

Ini merupakan bentuk dari tulisan pertama di Mesopotamia yang ditemukan oleh bangsa Sumeria. Tulisan ini merupakan perkembangan dari dari piktograf dan idiogram. Cunei form berasal dari bahasa Yunani, yang berarti “Bentuk baji/ pasah (alias paku)”. Mengapa disebut paku ? Karena  memang huruf- hurufnya itu berbentuk seperti paku- paku yang disusun.

Bagaimana bisa sistem piktografik berkembang menjadi tulisan cunei form ?

Mula- mula, seorang ahli menulis (scribe) ingin menunjukkan sebuah bintang, ia cuma menggambar bintang di atas tablet tanah liat basah. Cara ini tidak bisa menggambarkan konsep abstrak atau gabungan beberapa konsep. Kemajuan terjadi ketika mereka menggabungkan tanda/ gambar untuk memaknakan sesuatu. Langkah berikutnya adalah menyederhanakan sistem. Mereka tidak lagi menggambar objek, tetapi membuat gagasan- gagasan. Setelah itu, terjadilah hal yang sangat berarti. Para ahli menulis mulai menggunakan tanda- tanda untuk mewakili suara. Contohnya, mereka memakai 2 garis paralel bergelombang untuk menunjukkan kata “suatu/sesuatu” atau “air”.

Berkembangnya tulisan Sumeria bersifat evolusioner (berangsur- angsur) dan ditunjang dengan tradisi intelektual masyarakatnya.

b. Hieroglif

Berkembangnya ilmu pengetahuan di Mesir Kuno dipengaruhi oleh kemampuan mereka menginformasikan temuan- temuannya melalui aksara atau tulisan yang mereka kembangkan sehingga gnerasi berikutnya dapat mempelajari dan mengembaangkannya. Nah, tulisan/ aksara ini disebut dengan Hieroglif (tulisan gambar). Selama beberapa abad, tulisan itu menjadi teka- teki. Huruf hieroglif yang menjadi kunci dari peradaban Mesir kuno pernah mengalami masa kegelapan karena tidak seorangpun yang bisa membaca tulisan tersebut. Penyebabnya adalah, duluuuuuuu sekali huruf hieroglif hanya dikuasai oleh pendeta senior saja, tanpa adanya regenerasi (pembaruan). Sehingga, matinya para senior tersebut menyebabkan matinya pula huruf hieroglif selama berabad- abad.

Ok, kita kembali kepada ‘Batu Rosetta’ yang sudah disinggung- singgung sebelumnya…

Batu Rosetta memuat inskripsi (prasasti) dalam tiga bahasa. (Wow !). Dan berdasarkan buku sejarah yang jadi panutan saya ini, teka- teki batu itu dapat diungkapkan oleh seorang sarjana Prancis yang bernama Jean Francois Champolleon. Si Champolleon ini berkesimpulan bahwa batu tersebut memuat tiga bentuk tulisan. Yaitu hieroglif, demotik (bentuk hieroglif yang  disederhanakan) , dan Yunani.

Akhirnya selesai juga membahas bentuk- bentuk tulisan pada zaman kerajaan kuno ini. Tapi bahasan kita tentang tulisan belum selesai lhoo..

C. HURUF ALFABET/ ALPHABET

Huruf alphabet yang kita kenal sekarang ini ternyata tidak muncul begitu saja lho. Ternyata, huruf alphabet yang kita kenal sekarang ini merupakan hasil perkembangan bentuk huruf- huruf Cunei form yang di modifikasi alias percampuran dari bentuk tulisan Cunei form dari  Mesopotamia dengan peradaban Funisia/ Phunisia. Kata “alfabet” datang ke Inggris, Abad Pertengahan dari Alphabetum Akhir kata Latin, yang pada gilirannya berasal dari Yunani Kuno Αλφάβητος  Alphabetos, dari alfa dan beta, dua huruf pertama dari abjad Yunani. Alpha dan beta pada gilirannya datang dari dua huruf pertama dari abjad Funisia, dan berarti “sapi” dan “rumah masing-masing”. Sistem alfabet bangsa Funisisa memiliki 19 huruf dan tidak memiliki huruf hidup.

Kemudian ada bangsa Yunani yang mengadopsi huruf alfabet Funisia. Bangsa Yunani membuat beberapa perubahan dan menambahkan beberapa huruf vokal di dalamnya. Sistem alfabet Yunani ini memiliki 24 huruf.  Setelah Yunani selesai dengan sistem alfabetnya, kini giliran bangsa Romawi yang mengadopsinya. Mereka juga membuat beberapa perubahan. Alfabet Romawi memiliki 23 huruf, 3 huruf U,W, dan J yang kita temui merupakan hasil penambahan. Terus, bagaimana caranya sistem alfaber Romawi dapat tersebar luas ?…. Romawi menaklukan banyak negara, sehingga alfabet Romawi tersebar luas deh…

Alhamdulillah, akhirnya selesai juga.. Nah, semoga bermanfaat ya.. ^_^

/MSNU

 
Leave a comment

Posted by on March 10, 2011 in Kehidupan

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: