RSS

Ternyata Menulis Itu . . . Menyehatkan !

23 Feb


“Menulis merupakan forum terbaik untuk menumpahkan apa saja yang mengganggu pikiran dan perasaan…Menulis dapat meningkatkan kualitas kesehatan manusia…”

_Fatima Mernissi_

sumber: http://duniainfoilmu.blogspot.com/2011/01/panduan-teknik-menulis-populer-tulisan.html

Belum punya kebiasaan menulis?? Mulai dari sekarang, ayo jadikan menulis sebagai sebagai salah satu bagian dari hidup kita. Banyak sekali keuntungan yang akan kita dapatkan dengan menulis. Mungkin, jika dijelaskan satu persatu akan sangat memakan banyak waktu. Kali ini, saya hanya akan berbagi salah satu manfaat menulis bagi diri kita yang saya baru ketahui setelah membaca buku The Miracle of Writing karya mas Iqbal Dawami penulis best seller “Sang pengubah mitos” yang dalam buku itu dijabarkan bahwa menulis bisa menyehatkan, bahkan menjadi obat !

Dalam bukunya, mas Iqbal mengisahkan tentang seorang yang mengidap kanker, dan hidupnya berubah setelah ia menulis. Biasanya pengidap kanker hanya melakukan psikoterapi dan mengonsumsi obat-obatan antidepresan. Sebagian lainnya bergabung dengan kelompok-kelompok untuk mengatasi ketakutan serta rasa sakit yang mereka hadapi. Namun, berbeda dengan Susan Bauer-Wu, ia melakukan hal lain. Peneliti dari Harvard tersebut memberikan terapi yang disebut dengan terapi jurnal atau menulis ekspresif.

Bauer mengatakan bahwa meluangkan waktu selama 30 menit setiap hari untuk menulis membuat pengidap kanker merasa lebih baik, secara mental atau pun fisik. “Banyak orang terkejut akan hasil terapi lain” ujar Bauer, direktur The Cantor Center for Nursing and Patient Care Research di the Dana Farber Cancer Institute, Boston. “Mereka yang enggan karena merasa tidak pandai menulis mulai mencoba dan merasakan manfaatnya,” tambahnya.

Segala yang ada di pikiran dan hati, mereka tuliskan di dalam selembar kertas. Tidak peduli akan pemilihan kata atau pun gaya bahasa, yang penting ialah menuliskan apa saja yang mereka rasakan. Ini semua bukan hanya dapat membantu pasien untuk melepaskan segala pikiran dan beban yang mereka rasakan sehingga rasa tertekan dapat berkurang. Namun, ini juga dapat membantu pasien untuk merenungkan dirinya. Mereka jadi merasakan apa-apa saja yang selama ini tidak mereka rasakan karena tertutup rasa stress karena divonis kanker. Mereka mencurahkan segala yang ada di hati mereka. Setiap hari. Entah bagaimana, hal ini dapat membantu meningkatkan kualitas kesehatan pasien. Luar biasa !

Bagaimana? Cukup terkejut? Sangat besar tenyata pengaruh menulis. Kita dapat mencurahkan segala apa yang ada dipikiran, apa saja, keluhan, ide, pengalaman, cerita-cerita lucu. Semua itu bisa kita tuliskan melalui diary, blog, atau pun yang lainnya. Salurkan saja semuanya, jangan pedulikan pemilihan kata dan gaya bahasa ketika menuliskannya, ini bukan berarti pemilihan kata kita abaikan selamanya. Biarkan ia mengalir membawa segala beban dalam diri kita. Bayangkan, segala beban pikiran yang menghambat dalam tubuh bisa lepas begitu saja, tentunya jiwa kita akan menjadi lebih sehat dan badan pun akan ikut menjadi sehat. So, masih belum memulai kebiasaan menulis? Ambil pensil dan kertas, atau duduk di depan komputer, dan tulisakan segalanya! Selamat menulis.

 
Leave a comment

Posted by on February 23, 2011 in Kesehatan

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: