RSS

Mengenal Material Luar Biasa – Graphene

16 Feb

Apa tuh graphene? (bacanya grafin bukan grapen). Pas belajar kimia di sekolah kayaknya gak pernah denger tuh ada yang namanya graphene, iya gak?  Tenang saja teman-teman, itu bukan karena gurunya lupa ngajarin atau kita yang kebanyakan ngelamun pas dijelasin guru di kelas, tapi karena ini  memang teknologi baru yang benar-benar luar biasa.

Tapi pasti teman-teman tahu yang namanya grafit kan? Yang sangat umum dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Khususnya saat ujian nasional atau snm-ptn. Ya! Pensil. Tahu juga kan intan yang sering dijadikan perhiasan dan harganya subhanallah banget. Nah, apa hubungannya sama graphene? Ya, mereka sama-sama tersusun dari atom karbon. Luar biasa kan ? padahal sama-sama tersusun dari atom-atom karbon tapi wujud bendanya beda banget. Kenapa bisa begitu? Ya gampangnya karena susunan atom-atom di dalamnya berbeda. Tapi kita tidak membahas itu. Kita tetap ngomongin graphene.

Dari pada dengan intan, si graphene ternyata lebih dekat hubungannya dengan grafit. Tadi sudah disinggung sedikit tentang perbedaan struktur antara grafit dan intan. Yang juga membuat mereka sangat berbeda. Grafit sangat lunak sehingga bisa untuk menulis dan intan sangat keras sehingga bisa digunakan sebagai mata bor. Pada grafit susunan yang berbentuk layer sangat lemah ketika mendapat tekanan, sehingga ketika menulis hubungan antar layernya terputus dan ada yang terbawa di kertas.

Lalu apa hubungannya dengan graphene?

Graphene sendiri adalah layer yang menyusun susunandi grafit. Jadi, dari susunan yang sebegitu tebalnya di ambil satu lapisan maka pemanfaatannya akan sangat luar biasa. Sebanding dengan ide yang luar biasa sederhananya. Pada saat itu Prof. Andre geim dan Konstantin Novoselov dari University of Manchester pada tahun 2004 melakukan percobaan dengan menggunakan sejenis selotip untuk mengambil satu lapisan itu. Satu lapisan itu adalah dasar dari semua alotropi karbon.

Lalu dari satu lapis itu. Apa saja yang bisa dilakukannya? atau apa keunggulannya?

Pertama. Graphene adalah material yang paling tipis yang dapat kita bayangkan sekaligus yang paling kuat diantaranya. Ia bersifat elastis seperti karet dan tahan dari liquid dan gas.  Karena strukturnya yang begitu rapi, ia dapat digunakan sebagai saringan super detail, karena atom-atom besar tidak lewat diantaranya. Ini adalah bagian dari teknologi nano.

Kedua. Ia sangat baik dalam menghantarkan arus listrik, hampir sama dengan tembaga. Ia dapat menjadi substans yang luar biasa dalam membangun processor karena ia mempunyai sifat yang lebih baik daripada silikon. Karena strukturnya yang terdiri dari karbon saja, maka ia dapat digunakan sebagai sensor yang sangat sensitif. Karena jika ada atom penyusup di antaranya maka daya hantarnya bisa berkurang, hal ini dapat digunakan sebagai sensor.

Ketiga.  Ia sangat kuat. Sehingga jika diibaratkan ada sebuah benda sebesar dan seberat gajah ditaruh di atas sebuah pensil (maksudnya disini agar gayanya terpusat di satu titik). Lalu kemudian digunakan untuk merobek atau mematahkan graphene dengan ketebalan seperti selembar kertas maka itu tidak akan cukup. Kekuatan ini setara dengan 200 kali kekuatan baja. Hal ini pada umumnya dapat membantu di setiap bidang karena material yang sangat kuat cenderung dibutuhkan ketahanannya.

Sebenarnya masih banyak lagi kelebihan dan pemanfaatan dari graphene ini seperti dari sisi optik dan lain sebagainya. Namun, karena keterbatasan waktu ilmu saya baru bisa membaginya sampai sini. Mungkin saya akan menambahkannya di lain kesempatan. Atau kalau sudah keburu penasaran, bisa dicari di sumber-sumber lain yang membahasnya dengan sangat detail (tanya mbah google). Namun yang jelas, penemuan graphene bisa banyak membuat perubahan besar hampir di setiap industri. Oleh karenanya, sang penemu mendapatkan penghargaan nobel pada tahun 2010.

Selamat datang di zaman graphene !

update : video bagaimana graphene diaplikasikan. AWESOME !

/afn

 
4 Comments

Posted by on February 16, 2011 in Teknologi

 

Tags: , ,

4 responses to “Mengenal Material Luar Biasa – Graphene

  1. u know me

    March 8, 2011 at 8:22 pm

    puyeng toh saya bacanya, males baca ampe akhir, he he
    but nice info =))

     
    • Damtara

      March 10, 2011 at 9:53 pm

      Hehe.. sip sip.. emg agak bingung sih kl g ngliat benda’a langsung..

      mksh y..

       
  2. fiah

    March 10, 2011 at 7:47 pm

    hmm boleh ku nanya? fungsi graphene yang buat optik tu maksudnya gmn? bisa kasih contoh?
    mksh. sukses buat damtara!

     
    • Damtara

      March 10, 2011 at 9:52 pm

      canggih pertanyaan’a.. ^^

      iya, sifat optik graphene jg sama bagusnya kyk sifat konduktifitas listriknya. Aplikasinya, dengan penemuan graphene ini membuka peluang improvement teknologi touch screen. masih inget sama sifat mekanik’a? nah, kl pake graphene bahan’a bisa super ringan + super kuat + transparan.. gmn? cukup kebayang kan?

      makasih y fiah..

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: