RSS

Fakta Kulit Kering

11 Feb

Berhubung banyak sekali orang- orang disekitar saya (termasuk saya) dan mereka mengeluhkan mengenai kulit kering, saya jadi ingin membahas masalah satu itu…

Ada banyak alasan mengapa kulit bisa menjadi kering… Bagi orang tua, itu adalah hal yang wajar. Namun, bagaimana dengan remaja dan mas- mas atau mbak- mbak yang masih dibawah 30 tahun ? Nah, mari kita bahas satu- persatu.

Kulit kering disebabkan oleh banyak faktor. Namun faktor yang paling memungkinkan dan paling dominan adalah kurangnya minum air putih, kurang mengkonsumsi buah dan sayur. Hormon bukanlah faktor dan alasan kulit menjadi kering. Bisa juga terjadi kulit kering karena kurangnya kelembaban pada permukaan kulit. Kurangnya kelembaban pada permukaan kulit terjadi karena kelenjar minyak (glandula sebassea) yang berperan dalam mensekresi sebum pada pori- pori tidak bekerja secara sempurna dan hanya sedikit mengeluarkan sebum. Sebum adalah sekret kelenjar sebasea berminyak, terdiri dari lemak dan debris epitel (lapisan selular  fragmen dari jaringan yang mati atau benda asing).  Minyak / sebum yang keluar dari kelenjar minyak berfungsi menjaga agar kulit tetap lembab.

Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh kita. Merupakan bagian yang terpeka untuk menerima rangsangan. Kulit menutupi dan melindungi dan bersambung dengan selaput lendir yang melapisi rongga- rongga dan lubang- lubang masuk.Kulit dibagi menjadi 2 bagian yang berbeda. Epidermis (atas) atau Kutikula dan Dermis (bawah) atau Korium.

Bagian luar epidermis disebut stratum korneum (lapisan tanduk) dan Lapisan Malpighi. Epidermis tidak berisi pembuluh darah. Di atas permukaan epidermis terdapat garis lekukan yang berjalan sesuai dengan papil dermis dibawahnya. Stratum korneum. Selnya tipis, datar, seperti sisik dan terus menerus dilepaskan. Yang terlihat putih kering, seperti kulit terkelupas dan  membekas ketika kita menggaruk kulit adalah bagian ini.

Sedangkan glandula sebassea terdapat pada bagian dalam kulit / dermis. Dalam dermis terdapat pembuluh darah, akar rambut, ujung syaraf, kelenjar keringat (glandula sudorifera) dan kelenjar minyak/ kelenjar sebasius (glandula sebbasea). Akar rambut, di dekatnya terdapat kelenjar minyak (glandula sebasea) berguna untuk mencegah kekeringan dan mengerutnya kulit dan rambut..

Tadi sebelumnya dipertanyakan mengenai “Kulit kering bukanlah menjadi masalah bagi orang tua, namun bagaimana dengan kulit kering bagi remaja ?”… Hmm, berhubung saya juga seorang remaja, saya tau betul bagaimana rasanya  jika memiliki kulit kering. Rasanya itu ’Seperti kamu sudah berumur 25 tahun, padahal kamu masih 15 tahun’ . Ok, daripada ngelantur kita bahas bagian selanjutnya …

Ketika seseorang semakin tua, lemak tubuh lebih lambat diperbarui. Oleh karena itu, daerah yang bisa ditutupi kulit semakin sempit. Maka, terjadilah keriput. Semakin tuanya usia, juga mempengaruhi sel- sel untuk memperbaharui/ regenerasi. Siklus/ aliran darah dan penyerapan cairan pun tidak semaksimal ketika masih muda. Itulah alasan kulit orang tua wajar menjadi kering dan keriput.

Bagi remaja, tentu kulit kering menghambat aktivitas dan juga mengurangi kepercayaan diri. Apalagi bagi perempuan.. iya kan ?

Untuk mengatasinya, banyak- banyaklah minum air putih, dan mengkonsumsi buah- buahan dan sayur. Air putih amat sangat berpengaruh dalam regenerasi sel dan pertumbuhan. Jadi, air putih merupakan kebutuhan vital yang tidak terelakkan lagi, khususnya bagi kita yang sedang dalam masa pertumbuhan. Air putih berperan  dalam proses pengeluaran racun dari tubuh kita melalui urin dan keringat, kesehatan mata, otak, dan mengontrol kadar keseimbangan cairan dalam tubuh.. Kalian pasti tau kan, bahwa tubuh kita yang menakjubkan ini  lebih dari 50 % terdiri dari cairan… Air atau cairan merupakan bagian utama tubuh. Sekitar 50%- 60 % dari berat tubuh orang dewasa atau 70% dari bagian tubuh tanpa lemak. WOW !

Air putih  juga sangat penting dalam proses sirkulasi tubuh dan peredaran darah dalam tubuh. Air berfungsi sebagai pelarut dan alat angkut, maksudnya adalah berfungsi sebagai pelarut zat- zat gizi berupa monosakarida, vitamin, lemak, mineral, dan asam amino.

Sedangkan buah- buahan dan sayur- sayuran itu mengandung vitamin, dan mineral yang juga sangat penting dan diperlukan oleh tubuh. Mulai dari Vitamin A, B complex, C, D, E, dan K (dari koagulation). Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa air mengangkut zat- zat yang dibubutuhkan oleh tubuh, contohnya adalah vitamin- vitamin yang telah saya sebutkan barusan.

 

Mitos-mitos di Balik Kulit Kering . . .

Akhir- akhir ini banyak sekali kalian temui di iklan, maupun di media massa lain mengenai kemampuan Vitamin E untuk mencegah proses penuaan. Padahal banyak yang belum terbukti secara ilmiah mengenai kemampuan vitamin E dan penggunaan vitamin E dosis tinggi. Suplementasi di luar jumlah kebutuhan tubuh atau bahkan kelebihan, ternyata tidak dapat mencegah proses penuaan tersebut.

Mengkonsumsi vitamin E secara berlebihan dapat menyebabkan keracunaan. Namun akibatnya tidak terlalu merugikan seperti halnya kelebihan mengkonsumsi vitamin A. Jika kalian mengkonsumsinya lebih dri 600 mg/ hari ( sekitar 60- 75 x kecukupan), dapat menyebabkan gangguan saluran cerna. Dosis tinggi juga dapat menyebabkan dan meningkatkan efek obat antikoagulan yang digunakan untuk mencegah penggumpalan darah.  Kecukupan konsumsi vitamin E dinyatakan dalam aktivitas E ekivalen dengan 1 miligram D-alfa-tokoferol.

Golongan Umur

AKE*

(Angka Kecukupan Vit.E)

0-6 bln 

7-11 bln

1-3 thn

4-6 thn

7-9 thn

4 

5

6

7

7

Pria :

10- 12 thn

13- 15 thn

16- 18 thn

19- 29 thn

30- 49 thn

50- 64 thn

≥ 65 thn

11

15

15

15

15

15

15

Wanita :

10- 12 thn

13- 15 thn

16- 18 thn

19- 29 thn

30- 49 thn

50- 64 thn

≥ 65 thn

11

15

15

15

15

15

15

15

Hamil + 0

Menyusui :

0-6 bln

7- 12 bln

+ 4

+ 4

Jangan takut untuk kekurangan vitamin E dengan tidak mengkonsumsi suplemen vitamin E.

Kekurangan vitamin E biasanya terjadi karena adanya gangguan absorpsi lemak  dan gangguan transpor lipida seperti pada beta- lipopro- teinemia. Vitamin E terdapat luas dibahan makanan.Sayur dan buah- buahan merupakan sumber vitamin E yang baik. Sumber utama vitamin E adalah minyak tumbuh- tumbuhan, terutama minyak kecambah gandum dan biji- bijian. Minyak kelapa dan zaitun hnaya sedikit mengandung vitamin E. Daging, unggas, ikan dan kacang- kacangan mengandung vitamin E dalam jumlah terbatas.

/MSNU

 
4 Comments

Posted by on February 11, 2011 in Kesehatan

 

Tags: , ,

4 responses to “Fakta Kulit Kering

  1. amel

    February 21, 2011 at 4:59 pm

    lebih banyak kulit kering karena cuaca..

     
  2. Damtara

    February 23, 2011 at 3:38 pm

    ya, itu juga mrupakan salah satu faktornya. Cuaca yang panas dan kering membuat kulit cepat kering karena dehidrasi. sedangkan cuaca yang dingin membuat kulit berkerut. seperti halnya di dalam ruangan ber-AC. terima kasih atas masukannya.. ^_^

     
  3. sikarti

    February 24, 2011 at 10:16 am

    kok kulitku msh kering ya… pdhl aku tiap hari mnm air pth.

     
  4. Perawatan kulit

    September 23, 2014 at 11:03 pm

    Hello, this weekend is fastidious in favor of me, since this point in time i am
    reading this enormous educational article here at my house.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: