RSS

Nyeri Saat Menstruasi

08 Feb

Nyeri perut pada saat wanita haid merupakan gejala, bukan penyakit.

Gejala nyeri perut saat haid (dismenorhea) terjadi karena adanya kontraksi rahim untuk mengeluarkan darah berupa gumpalan- gumpalan maupun cair. Yang membuat wanita mengalami nyeri perut karena adanya ‘prostaglandin’. Prostaglandin adalah kelompok asam lemak hidroksi yang memiliki hubungan secara kimiawi dan terdapat secara alami. Senyawa ini merangsang kontraktilitas (penegangan atau pengenduran otot) uterus dan otot polos lainnya serta mempunyai kemampuan untuk menurunkan tekanan darah, mengatur

sekresi asam lambung, mengatur suhu tubuh danagregasi trombosit, serta mengendalikan radang dan permeabilitas vaskular ( lintasan substansi yang dapat dilewati cairan ; pembuluh darah ). Prostaglandin juga mempengaruhi kerja hormon tertentu. Karena itulah wanita merasakan nyeri saat haid.

Selain itu, sebabnya bisa bermacam- macam, bisa juga karena penyakit. Yang disebabkan karena  penyakit, biasanya wanita yang tidak nyeri perut ketika haid, tiba- tiba mengalami dismenorhea ini. Tetapi belum bisa dipastikan benar karena penyakit atau bukan. Cara memastikannya lebih lanjut adalah dengan memeriksakan diri  kedokter.

Berikut kita akan membahas mengenai organ seks wanita terlebih dahulu.

Untuk mengurangi rasa nyeri saat datang bulan, dapat mengkonsumsi asam mefenamat. Asam mefenamat termasuk obat pereda nyeri yang digolongkan sebagai NSAID (Non Steroidal Antiinflammatory Drugs). Asam mefenamat biasa digunakan untuk mengatasi berbagai jenis rasa nyeri, namun lebih sering diresepkan untuk mengatasi sakit gigi, nyeri otot, nyeri sendi dan sakit ketika atau menjelang haid. Seperti juga obat lain, tentunya asam mefenamat dapat menyebabkan efek samping.

Anjuran untuk menghindari pemakaian  pada penderita bronkospasme aliergik rhinitis, urticaria atau mendapat obat non steroid anti-inflamasi yang lain karena kemungkinan terjadi sensitiyitas silang . Jangan digunakan pada wanita hamil dan menyusui. Keamanan penggunaan pada anak-anak dibawah umur 14 tahun belum diketahui dengan pasti. Jangan digunakan lebih dan dosis yang dianjurkan atau lebih dari 7 hari kecuali atas petunjuk dokter.

Efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan asam mefenamat:

Dapat terjadi gangguan saluran cerna, antara lain iritasi lambung, kolik usus, mual, muntah dan diare, rasa mengantuk, pusing, sakit kepala, penglihatan kabur, vertigo, dispepsia.

Pada penggunaan terus-menerus dengan dosis 2000 mg atau lebih sehari dapat mengakibatkan agranulositosis dan anemia hemolitik. Hemolitik  adalah pembebasan hemoglobin dari sel darah merah dan penampakannya dalam plasma. Sedangkan Anemia hemolitik adalah kelompok anemia akut atau kronik, ditururnkan atau diperoleh, dicirikan oleh memendeknya kemampuan hidup sel- sel darah merah dewasa dan ketidak mampuan hidup sel- sel darah merah dewasa dan ketidak mampuan sumsum tulang belakang untuk mengkompensasi sepenuhnya masa hidup mereka yang menurun tersebut. /MSNU

 
3 Comments

Posted by on February 8, 2011 in Kesehatan

 

Tags: , , ,

3 responses to “Nyeri Saat Menstruasi

  1. tika

    February 18, 2011 at 6:48 pm

    wahh.. artikelnya sgt bermanfaat. jadi tau nih, kenapa aku sering nyeri saat menstruasi.

     
  2. Damtara

    February 21, 2011 at 4:42 pm

    ok, terimakasih banyak, tika ..
    insyaallah kedepannya bisa kami kembangkan lebih baik lg.. hm, kalau ada pertanyaan atau ingin penjelasan tertentu, boleh request kami kok.
    silahkan request ya…

     
  3. Kelly

    November 26, 2015 at 9:05 am

    mantap mas infonya ini, jadi bisa lebih mengetahui tentang dunia ini🙂 ,

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: